MusicDNA Bantu Tangkal Pembajakan


CANNES - File musik digital baru yang diharapkan bisa membantu memerangi pembajakan lagu, baru saja dirilis. Jenis file musik baru tersebut diluncurkan pada konferensi terbesar di industri musik di Cannes.

MusicDNA disebut-sebut sebagai sebuah perkembangan paling signifikan dalam dunia musik digital sejak adanya penemuan format MP3. Konten file MusicDNA sangat lengkap, tak hanya berisi konten musik tetapi juga informasi tentang artis penyanyi, lirik lagu, jadwal konser penyanyi yang bersangkutan, hingga Twitter feed.

Contohnya seorang penggemar yang membeli lagu dalam format file MusicDNA bisa menonton video penampilan terbaru dari penyanyi yang bersangkutan melalui pemutar musik ataupun komputer. Tak hanya itu, mereka pun bisa mendapatkan segala informasi tentang penyanyi kesayangan atau mengetahui jadwal konser terbaru. Jika mau, penggemar juga bisa membeli merchandise artis tersebut, dan terus mengikuti blog atau tweet terbaru yang diposting si artis. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Selasa (26/1/2010).

"Kami mengembangkan ide yang sudah ada untuk memberi lebih banyak manfaat pada sebuah file. Format ini ibarat transformasi dari rumah kecil ke vila yang sangat besar," ujar Chief Executive Bach Technology Stefan Kohlmeyer yang mengembangkan jenis file ini.

MusicDNA diluncurkan pada konferensi industri Midem di Cannes oleh para tim yang pertama kali mengembangkan format MP3. Penemuan MusicDNA merupakan sebuah ide yang khusus dikembangkan guna membantu industri musik melawan pembajakan.

Namun tidak disebutkan berapa harga teknologi ini nantinya ketika telah memasuki industri musik. Kemungkinan besar harga akan ditentukan oleh perusahaan rekaman dan para penjual musik itu sendiri. Format file musik MusicDNA akan segera diluncurkan pada musim semi tahun ini. (rah)


3 komentar :

  1. wuiih...mantab juga tuh sobt... jadinya pembajak kewalahan.. namun banyak jalan mnuju roma... hehhee

    BalasHapus
  2. nah mantap dah sekarang kalau semua pakek tehnik recording ini.. bakalan aman dah,, nice post

    BalasHapus
  3. terimaksih gan komentarnya.. :D
    tapi kapan ya bisa masuk indonesia?
    itu dia yang kita tunggu tunggu.. :D

    BalasHapus

silakan berkomentar.. :)