Wii Sport Terbukti Menyehatkan

ORLANDO - Video game Wii yang dikenal para pemain game sebagai permainan gerak tubuh yang mengucurkan keringat ternyata dianggap sebagai game yang cukup menyehatkan.

Menurut riset dari American Heart Association (AHA), seperti dikutip Yahoo Tech, Selasa (17/11/2010), beberapa game olahraga yang terdapat dalam Wii, seperti Wii Fit Series, ternyata mampu mengeluarkan banyak energi, sama halnya dengan olahraga yang dilakukan dalam dunia nyata.

"Gerakan dalam olahraga virtual ini cukup mudah dilakukan. Bahkan permainan ini bisa menjadi tahap awal yang menyenangkan untuk mulai membiasakan diri berolahraga," ujar Motohiko Miyachi dari AHA.

Studi tersebut juga menemukan, sekira sepertiga dari seluruh aktivitas dalam game tersebut, termasuk Wii Sport dan Wii fit, mampu mengeluarkan energi lebih dari 3.0 MET.

MET sendiri merupakan singkatan dari metabolic equivalent values, sebuah metode standar untuk estimasi pengeluaran energi.

Meski para ilmuwan tidak memberikan kesimpulan adanya dampak kesehatan dari game ini namun Miyachi berspekulasi, semakin sering seseorang bermain game ini maka semakin mereka tercegah dari penyakit pada jantung dan otot.

Permainan yang dianggap paling efektif dalam Wii adalah single-arm stand yang mampu menghabiskan sekira 5.6 MET. Selain itu, permainan tinju Wii juga mampu mengeluarkan sekira 4.5 MET. Lain halnya dengan Wii Tenis dan baseball yang mampu menghasilkan sekira 3.0 MET, dibanding permainan golf Wii yang hanya menghasilkan 2.0 MET. (srn)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

silakan berkomentar.. :)