Cara Membuat Icon Address Bar Blog

Kita pasti sering melihat blog atau web yang memiliki Icon pada Address Bar-nya. Icon yang dimaksud adalah Favicon. Favicon biasanya digunakan untuk ciri khusus dari blog atau web pemiliknya. Karena ciri khusus inilah, Favicon ini berbeda-beda antara satu blog dengan blog lainnya, antara web dan web lainnya. Yang akan saya bahas adalah merubah Favicon khusus untuk pemilik Blogger Account. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa diterapkan pada web atau blog yang lainnya.Kita ambil sebagai contoh Favicon Detiknews.com. Pada address bar atau pada tab diperlihatkan Favicon-nya adalah bulatan merah dengan teks 'd'. Pengguna Mozilla Firefox secara otomatis menampilakn Favicon, akan tetapi pengguna Internet Explorer akan menampilkan Favicon setelah Kita menambahkan blog atau web pada bookmark-nya.

Bisa kita lihat, Detikhot.com memiliki Favicon yang berbeda, begitu juga Kapanlagi.com, Blogger.com, Facebook.com, Friendster.com, dan banyak yang lainnya. Tentunya kita juga ingin memiliki Favicon yang berbeda dengan blog atau web yang lainnya.Pada saat membuat postingan ini saya juga sudah mengganti ganti favicon saya di http://nikoindo.blogspot.com bisa dilihat di address bar.Skarang saya akan coba kasih trik dan tips buat kamu, ini dia langkah langkahnya:


1. Cari gambar apapun yang kamu sukai dari om google tentunya atau dari ponsel, kamera, atau sejenisnya. Simpan di komputer kamu. 
2. Setelah kamu save lihat file format gambar, biasnya pake format contoh.jpg, bila sudah tambah format .png di belakangnya, jadi contoh.jpg.png, klik oke bila sudah.
3. Masuk ke halaman entri baru pada blog kamu dan upload gambar tersebut tentunya yang sudah di format ulang tadi contoh.jpg.png, pilih posisi tengah dan ukuran medium pada saat upload. Bila sudah ter Upload, lihat gambar kamu melalui Edit HTML







4. Copy url yang ada di url img ke dua, lihat scr='(yang harus kamu copy sampai .png)
5. Kalo Udah kamu Copy langsung saja klik Tata Letak dan bila dan bila ada pertanyaan kamu langsung pilih OK sebabn ini sama sekali tak mempengaruhi icon ini, kalo udah pilih Edit HTML dan langsung saja pencet Ctrl+F lalu ketikkan </head>










6. Nah, kalo udah ketemu yang musti kamu lakukan adalah minum air sirup dulu biar ga haus, hehhee... becanda, kalo udah, tepat di atas tulisan </head> , tulis kode kaya gini:


<link href='http://URL GAMBAR KAMU.png' ref='shortcut icon'/>
<link href='http://URL GAMBAR KAMU.png' ref='icon'/>



7. Url yang udah kamu Copy tadi, sekarang paste di situ.






8. Langkah terakhir adalah SIMPAN TEMPLATE
9. kalo udah, silakan minum dulu biar ga haus... hahahhahaaa... :P
10. Selamat, Icon Blog kamu sudah jadi... :P


JANGAN LUPA KOMENTAR YA :D

8 komentar :

  1. favicon ya..? udah lama gak pasang, sedang cari2 yang bagus2 ah!

    BalasHapus
  2. terimakasih bang, lain kali datang lagi ya.. :D

    BalasHapus
  3. maksih tipsnya bro...
    Mohon dukungannya sobt untuk gerakan online
    HIBAH SEJUTA BUKU ALA BLOGGER

    BalasHapus
  4. salm kenal sob...kunjungan balik yak

    BalasHapus
  5. fololow awkmu angel eram

    BalasHapus
  6. tengkyu infonya....lgi blajar nh!kunjungan balik cuy

    BalasHapus
  7. Salam kenal..
    trima kasih infonya,,,
    tapi pas sayaa aplikasikan k09 ga bisa ya..
    knapa ya?? *_@

    BalasHapus
  8. Ga bisa Bro?mohon pencerahan nya?.. hehehe

    BalasHapus

silakan berkomentar.. :)